Sosialisasi Stunting Dan Covid-19 Seluruh Bidan Desa Se Kab.Banjarnegara

Sosialisasi Stunting Dan Covid-19 Seluruh Bidan Desa Se Kab.Banjarnegara

Publisher | Seksi Intelijen
Selasa, 17 Maret 2020


Foto : dokpri
BANJARNEGARA- Ijin melaporkan, pada hari Selasa tanggal 17 Maret 2020 pukul 08.30 s.d 10.15 WIB di Pendopo Dipayudha Adigraha Kab. Banjarnegara Jl. Dipayudha No. 9 Banjarnegara telah dilaksanakan sosialisasi Stunting dan covid-19 kepada seluruh Bidan Desa se Kab. Banjarnegara yg dhadiri lk 300 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut :
1.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara (dr. Akhmad Setiawan, M.Kes)
2. Tim Satgas Corona Kab. Barjarnegara selaku Anggota Komisi IV DPRD Kab. Banjarnegara F. PDI Perjuangan (dr.Amalia Desiana).
3. Kabid Penanganan dan Pencegahan Penyakit DKK Banjarnegara (dr. Ery Rosita).
4. Kepala UPT Puskesmas se Kab. Banjarnegara.
5. Para Bidan Desa Peserta Sosialisasi.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara antara lain :
1. Menyampaikan untuk tetap tenang dan tidak panik serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
2. Mengingatkan kita tenaga kesehatan tidak ada waktu libur, seperti dinas lain kita harus melaksanakan apa yang sudah menjadi arahan bersama Bupati dan Forkompimda dalam rapat terbatas kemarin.
3. Kita punya waktu sosialisasi 2 hari selasa dan Rabu, yang intinya masyarakat sampai tingkat pedesaan jangan khawatir, Corona bukan sesuatu penyakit yang harus dikhawatirkan namun harus dicegah , berbeda dengan Sars dan Mer-c yang kena sedikit namun mematikan, corona pasti suatu saat ada yang positif namun bukan berarti tidak sembuh.
4. Langkah yang dilakukan cukup sederhana, gerakan cuci tangan perbanyak , hindari kerumunan, hindari sentuhan agar tidak tertular , jaga pola makan dan sadari etika batuk.
5. Sampaikan kepada masyarakat dan sekitar lingkungan bahwa kita lebih baik berdiam diri dirumah dan tidak melakukan aktivitas berpergian keluar kota.
6. Sebagai Teknis setiap pendataan dan kegiatan pelaporan yang sudah diarahkan bahwa kita harus satu pintu kepada satgas Corona yakni yang ditunjuk adalah DKK Banjarnegara.

Penyampaian Tim Satgas Corona Kab. Barjarnegara selaku Anggota Komisi IV DPRD Kab. Banjarnegara F. PDI Perjuangan (dr.Amalia Desiana) antara lain :
1.Basic dasar dari perlindungan diri saya harap anda sudah paham, tidak perlu takut atau khawatir yang berlebihan untuk virus ini dan tidak perlu panik untuk menhadapi virus ini.
2.Selalu memberikan Motifasi kepada masyarakat untuk menhadapi virus ini agar tidak cemas untuk menghadapi virus ini dan memberikan Edukasi kepada Masyarakat agar memahami bagaimana cara mencegah agar virus ini tidak menyebar/menanggulanginya.
3. Selalu Pantau jika ada Orang Asing yang datang ke perkampungan,dan datakan kepada Ketua RT agar melaporkan dan selalu dipantau kemudian laporkan kepada Bidan Desa agar menjadi catatan dalam pendataan.
4.Minimal Saya punya Bidan Desa, Kepala Dinas,linmas,semoga kita bisa gotong royong bersama-sama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog dalam melaksanakan tugas untuk kegiatan Stunting dan waspada Covid 19 di Kab. Banjarnegara.

Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Demikian dilaporkan.